Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114 -00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi

www.ninonurmadi.com

Manfaat & Khasiat Tanaman Adas Manis (Anethum Graveolens L.) Langsung ke konten utama

Manfaat & Khasiat Tanaman Adas Manis (Anethum Graveolens L.)





ninonurmadi.com Manfaat & Khasiat Tanaman Adas Manis (Anethum Graveolens L.)



Deskripsi Tanaman Adas Manis

Adas manis adalah tanaman rempah-rempah yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman adas wangi dapat kita jumpai pada derah ladang, tepi hutan dan hutan. Nama latin tanaman adas manis adalah Anethum Graveolens L. Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman adas manis mempunyai nama Dill, Indian Dill. Menurut sejerah tanaman adas manis ini berasal dari daerah Timur Tengah atau Asia Barat. Persebaran tanaman adas wangi ini meliputi wilayah Asia Barat, Timur Tenggah, Mesir, Eropa, Amerika, Karibia, India, Pakistan, Cina, Rusia barat, Hungaria, dan Indonesia. Ciri tanaman adas manis ini adalah memiliki bunga berwarna kuning dengan daun berbentuk serabut. Fungsi dan kegunaan tanaman adas manis ini bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai rempah-rempah untuk bumbu masakan. Namun yang jarang kita ketahui ternyata tanaman adas manis ini memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Adas Manis

Sumatera : Adhas Damu, Adhas Obat, dan Ender.
Indonesia :  Adas Manis, Adas China, Adas Sowa

Klasifikasi Tanaman Adas Manis

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Apiales
Famili: Apiaceae
Genus: Anethum
Spesies: Anethum graveolens L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Adas Manis

Tanaman adas manis merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga adas-adasan (Apiacea). Tanaman adas manis ini tanaman herbal tahunan dengan ukuran 30-150 cm. Batang tanaman adas manis tegk kokoh berbentuk silinder dengan diameter 2-12 mm berwarna hijau pucat dengan cabang-cabang berwarna hijau muda. Daun tanaman adas wangi alternatif majemuk berselubung membentuk kerucut terbuka yang mencangkup batang dasar dengan ukuran panjang 1-5 cm.  Tangkai daun tanaman adas ini tergolong panjang dengan ukuran sampai 13 cm. Bunga tanaman adas wangi ini majemuk berwarna kuning dengan bau yang wangi. Akar tanaman adas manis berwarna kekuningan berbentuk mirip tanaman wortel dengan diameter 1 sampai 1,5 cm. Buah tanaman adas berukaran kecil dimana memiliki rasa pedas dan pahit. Biji tanaman adas berbentuk seperti jintan dengan rasa yang manis dan berbau wangi. Cara berkembang biak tanaman adas ini dengan biji. Habitat tanaman adas ini berada pada daerah perbukitan dan gunung pada ketinggian 1200-2000 mdpl dengan syarat hidup curah hujan yang sedang dengan banyak sinar matahari dan bersuhu agak panas.

Bagian Tanaman Adas Manis Yang Digunakan

Seluruh bagian tanaman

Kandungan Tanaman Adas Manis

Tanaman adas mengandung minyak atsiri, limoneen, potassium, magnesium, phosphorous, sodium, vitamin A, niacin, pinene, diterpene, dihydrocarvone, cineole, myrcene, Para myrcene, dillapiole, isomyristicin, myristicin, myristin, apiol and dillapiol.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Adas Manis Untuk Kesehatan

  • Tanaman adas manis untuk payudara memperlancar ASI pada ibu menyusui.
  • Tanaman adas manis berguna untuk mengobati sakit kembung.
  • Tanaman adas manis digunakan untuk menyembuhkan sakit Flu, batuk dan pilek.
  • Tanaman adas manis berkhasiat sebagai deuritik.
  • Tanaman adas manis bermanfaat untuk mengobati sakit pada saat haid.


Catatan

Konsumsilah herbal tanaman adas manis ini dengan bijak dan sesuai takaran.