Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114 -00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi

www.ninonurmadi.com

Manfaat & Khasiat Tanaman Apel (Pyrus Malus Mill) Langsung ke konten utama

Manfaat & Khasiat Tanaman Apel (Pyrus Malus Mill)



ninonurmadi.com Manfaat & Khasiat Tanaman Apel (Pyrus Malus Mill)


Deskripsi Tanaman Apel

Tanaman apel adalah tanaman buah yang sering kita jumpai berada di sekitar kita. Tanaman apel ini biasanya hidup pada daerah rendah dan dataran tinggi contoh tanaman apel kota Batu Malang. Jenis tanaman apel di dunia ini sekitas 7500 jenis varietas. Nama latin tanaman apel adalah Pyrus Malus Mill. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman ini memiliki nama Apple. Menurut sejarah asal tanaman apel berasal dari daerah Asia Tengah. Tanaman apel mulai di tanam di Indonesia tahun 1934. Ciri tanaman apel ini memiliki pohon yang berukuran sedang sekitar 3 sampai 10 m, berdaun sedang berwarna hijau dengan  bentuk buah apel yang berbentuk lonjong sedikit bulat dan berwarna kuning kemerahan. Rasa dari buah tanaman apel ini ada yang manis dan sedikit masam tergantung jenisnya, bertekstur renyah dan sedikit berair. Kegunaan tanaman apel bagi sebagian masyarakat digunakan untuk komonditi buah saja. Namun ternyata tanaman apel ini juga memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada di tubuh.

Nama Daerah Tanaman Apel

Indonesia : Apel

Klasifikasi Tanaman Apel

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae (suku mawar-mawaran)
Genus: Pyrus
Spesies: Pyrus Malus Mill.
Anatomi dan Morfologi Tanaman Apel

Tanaman apel merupakan salah satu tanaman dari jenis genus tanaman Pyrus. Tanaman apel pohon apel ini mempunyai ukuran 7-10 m. Batang tanaman apel berkayu cukup keras dan kuat. Tanaman apel mempunyai kulit kayu cukup tebal, warna muda kecoklatan sampai coklat kuning keabu-abuan. Tanaman apel ini memiliki banyak dahan dan ranting. Daun tanaman apel ini berukuran sedang. Bentuk daun tanaman apel berbentuk bulat telur dengan tepian bergerigi kecil. Bunga tanaman apel membesar dan mengembang lalu akan menjadi buah yang padat dan berisi. Buah tanaman apel berbentuk bulat lonjong bersegi empat dengan tangkai buah yang masuk kedalam. Warna buah apel berwarna hijau, kuning, kemerahan. Biji tanaman apel berbentuk seperti bulat sabit berwarna kehitaman. Akar tanaman apel berakar tunggang. Habitat tanaman apel ini berada pada dataran tinggi yang mempunyai temperatur dingin. Cara budidaya tanaman apel secara vegetatif yaitu okulasi tanaman apel, sambungan tanaman apel, dan stek tanaman apel. Budidaya tanaman apel organik penggunaan pupuk kandang dalam meningkatkan unsur hara dalam tanah, penggunaan pestisida alami, dan pemberdayaan musuh alami dalam mengatasi hama tanaman apel.

Bagian Tanaman Apel Yang Digunakan

Buah

Kandungan Tanaman Apel

Tanaman apel mengandung senyawa pektin dan zat gizi, antara lain (per 100 g) kalori 58 kalori; karbohidrat 14,9 gram; lemak 0,4 gram, protein 0,3 gram; kalsium 6 mg; fosfor 10 mg; besi 0,3 mg; vitamin A 90 SI, vitamin B1 0,04 mg, vitamin C 5 mg, dan air 84%.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Apel Bagi Kesehatan

  • Tanaman apel bermanfaat untuk mengobati antiradang.
  • Tanaman apel berkhasiat menyembuhkan penyakit peluruh kencing (deuritik).
  • Tanaman apel berguna untuk menyembuhkan sakit diabes melitus.
  • Tanaman apel digunakan sebagai obat sakit diare.
  • Tanaman apel sebagai penyejuk (astringen).

Catatan

Konsumsilah herbal tanaman apel ini dengan bijak dan sesuai takaran.