Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114 -00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi

www.ninonurmadi.com

Manfaat & Khasiat Biduri (Calotropis Gigantea Willd) Langsung ke konten utama

Manfaat & Khasiat Biduri (Calotropis Gigantea Willd)




ninonurmadi.com Manfaat & Khasiat Biduri (Calotropis Gigantea Willd)


Deskripsi Tanaman Biduri

Tanaman biduri adalah tanaman semak yang sering berada di sekitar kita. Tanaman biduri ini dapat di temukan di dekat sungai, dan persawahan. Nama latin tanaman widura ialah Calotropis Gigantea Willd. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman biduri mempunyai nama Giant Milkweed, Indian Bowstring Hemp, dan Crown Flower. Asal usul tanaman biduri menurut sejarah berasal dari India. Ciri-ciri tanaman biduri ini memiliki bunga yang berwarna putih keungguan, berkelopak lima sperti bintang.  Fungsi dan kegunaan tanaman biduri ini bagi sebagian masyarakat dianggap sebagai tanaman gulma karena tumbuh liar. Namun yang tidak kita ketahui ternyata tanaman biduri ini memiliki segudang macam manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Biduri

Jawa : Saduri, Sidoguri, Bidhuri, Burigha.
Sunda : Babakoan
Bali : Manori, Maduri.
Nusa Tenggara : Muduri, Rembiga, Kore, Krokoh, Kolonsusu, Modo Kapauk, Modo Kampauk.
Sulawesi : Rambega
Sumatra : Rubik, Biduri, Lembega, Rembega, Rumbigo.

Klasifikasi Tanaman Biduri

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Asclepiadaceae
Genus: Calotropis
Spesies: Calotropis gigantea Willd

Anatomi dan Morfologi Tanaman Biduri

Tanaman biduri merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman Asclepiadaceae. Tanaman biduri ini termasuk tanaman semak tegak dengan ukuran tinggi 0,3-3 m. Batang tanaman biduri berbentuk bulat, berkulit tebal, dan beranting. Ranting muda tanaman biduri ini mempunyai bulu tebal, berwarna putih. Tanaman biduri memiliki daun tunggal berbentuk bulat lonjong, bertangkai, ujung daun meruncing, pangkal daun berbentuk jantung dengan tepi daun yang rata. Daun tanaman biduri memiliki pertulangan daun yang menyirip dengan ukuran daun rata-rata panjang 8-30 cm dan lebar 4-15 cm, dan berwarna hijau muda. Permukaan daun tanaman biduri pada bagian atasnya memiliki bulu rapat berwarna putih ( yang akan menghilang ketika daun sudah menua), sedangkan pada bagian permukaan bawah daun tetap berbulu tebal dan berwarna putih. Bunga tanaman biduri majemuk, bunga tanaman biduri akan muncul pada ketika daun, tangkai bunga berbulu rapat. Tanaman biduri memiliki mahkota bunga seperti kemudi kapal, dan berwarna putih. Buah tanaman biduri bumbung berbentuk bulat lonjong, pangkal buah berupa kaitan, dengan ukuran panjang 9-10 cm, dan berwarna hijau. Tanaman biduri memiliki biji yang ukurannya kecil, berbentuk lonjong pipih, berwarna coklat, berbulu pendek dan tebal. Akar tanaman biduri ini berserabut berwarna kecoklatan. Tananaman biduri bila memiliki getah putih encer terasa pahiy yang banyak terdapat pada setiap bagian tanaman yang dilukai.  Budidaya tanaman biduri berkembang biak menggunakan stek batang dan biji. Cara menanam tanaman biduri menggunakan tanah yang memiliki banyak kandungan unsur hara dan sedikit berair. Habitat tanaman biduri ini berada pada darataran rendah seperti disekitar pesisir pantai, daerah terbuka, dan padang rumput terutama yang mendapatkan banyak sinar matahari.

Bagian Tanaman Biduri Yang Digunakan

 Kulit akar, daun, dan bunga.

Kandungan Tanaman Biduri

Tanaman biduri mengandung saponin, flavonoid, polifenol, tanin, kalsium oksalat,  sapogenin, kalotropin, kalotoksin, uskarin, kalaktin, harsa, dan gigantin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Biduri Bagi Kesehatan

  • Tanaman biduri untuk peransang muntah (emitik).
  • Tanaman biduri berguna untuk melancarkan saluran empedu ke usus (kolagoga).
  • Tanaman biduri digunakan untuk peluruh kencing deuritik.
  • Tanaman biduri untuk obat penyakit kulit seperti kudis, eksim, kutil, bisul, dan campak.
  • Tanaman biduri berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit
  • Tanaman biduri bermanfaat untuk mengobati sariawan.


Catatan

Konsumsilah herbal tanaman biduri ini dengan bijak dan sesuai takaran. Hati-hati getah tanaman biduri mengandung racun perlu penanganan khusus dalam mengkonsumsinya.