Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114 -00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi

www.ninonurmadi.com

Manfaat & Khasiat Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea Reptana Poir) Langsung ke konten utama

Manfaat & Khasiat Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea Reptana Poir)



ninonurmadi.com Manfaat dan Khasiat Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea Reptana Poir)


Deskripsi Tanaman Kangkung Darat

Tanaman kangkung darat adalah salah satu jenis tanaman dari kangkung yang hidupnya di darat. Nama latin tanaman kangkung darat adalah Ipomoea Reptana Poir. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman kangkung darat memiliki nama yaitu garden morning glory. Varietas tanaman kangkung ini ada dua yaitu kangkung air dan kangkung darat. Tanaman kangkung darat ini biasanya dapat kita jumpai di sawah dan landang. Namun tanaman kangkung darat ini dapat juga ditanam di rumah dengan cara di semai dalam polybag atau langsung di tanah dan juga dapat ditanaman secara hidroponik. Perbedaan tanaman kangkung air dan darat pada tanaman kangkung darat ini memiliki batangnya berwarna lebih hijau dengan ujung daun yang meruncing dan ukuran tanaman yang relatif agak kecil sedangkan ciri pada tanaman kangkung air daunnya berwarna hijau agak gelap dengan ujung yang membulat atau lebih tumpul  sehingga terlihat lebih lebar. Fungsi dan kegunaan tanaman kangkung darat bagi masyarakat digunakan sebagai aneka makanan olahan kangkung seperti kangkung tumis, kangkung darat, kangkung terasi, kangkung saus tiram karena tanaman kangkung ini mempunyai rasa yang enak dan renyah ketika kita mengokonsumsinya namun yang perlu hati-hati pada saat memasaknya harus benar-benar matang karena terkadang ada tanaman kankung pada bagian batangnya ada lintah. Tanaman ini juga memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.


Nama Daerah Tanaman Kangkung Darat

Rumpun, Kalayou, Ladidih, Kangkong Kampong.

Klasifikasi Tanaman Kangkung Darat

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Solanales
Famili: Convolvulaceae (suku kangkung-kangkungan)
Genus: Ipomoea
Spesies: Ipomoea reptana Poir.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Kangkung

Tanaman kangkung darat merupakan salah satu jenis dari keluarga tanaman  kangkung-kangkungan (Convolvulaceae). Tanaman kangkung  darat termasuk tanaman dikotil atau berkeping dua. Tanaman kankung darat batangnya tumbuh tegak, panjang, berlubang dan beruas. Daun tanaman kangkung darat berbentuk panah, tangkai panjang, tepi daun rata, bersegi dengan panjang sampai 15 cm. Tanaman kangkung darat memiliki bunga berbentuk lonceng dan berwarna ungu. Buah tanaman kangkung berbentuk bulat telur didalamnya berisi tiga butir biji. Bentuk buah kangkung darat melekat dengan bijinya. Warna buah tanaman kangkung darat hitam jika sudah tua dan hijau ketika muda. Buah kangkung darat berukuran kecil sekitar 10 mm. Biji tanaman kangkung darat berbentuk bersegi-segi atau tegak bulat. Berwarna cokelat atau kehitam-hitaman. Akar tanaman kangkung darat alar tunggang yang mana akan muncul pada setiap ruas batang yang sudah tua.  Umur tanaman kangkung darat relatif singkat karena biasanya pasca tanam 30-45 hari akan dipanen. Tanaman kangkung darat berkembang biak dengan biji dan stek batang. Budidaya menanam kangkung biji/ batangnya ditanam ditanah, pot, atau di polybag. Habitat tanaman kangkung darat berada didataran rendah sampai dataran tinggi. Syarat tumbuh tanaman kangkung darat berada pada tepat yang sedikit lembab dan berair.

Bagian Tanaman Kangkung Darat Yang Digunakan

Daun, Akar dan Getah.

Kandungan Tanaman Kangkung

Tanaman kangkung darat mengandung vitamin A, B, dan C, plus mineral seperti kalsium, fosfor, seng, magnesium, karoten, dan zat besi

Manfaat dan Khasiat Tanaman Kangkung  Darat Untuk Kesehatan

  • Tanaman kangkung darat berguna untuk obat penenang saraf.
  • Tanaman kangkung darat untuk mengatasi insomnia.
  • Tanaman kangkung darat digunakan sebagai obat sakit kepala.
  • Tanaman kangkung darat bermanfaat untuk mengobati bisul.
  • Tanaman kangkung darat berkhasiat untuk obat ambien (wasir).


Catatan

Bagi penderita asam urat jangan terlalu banyak memakan tanaman kangkung darat dapat memicu timbulnya penyakit tersebut.