Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114 -00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi

www.ninonurmadi.com

Manfaat & Khasiat Pohon Sosis ( Kigelia Africana (Lam.) Benth.) Langsung ke konten utama

Manfaat & Khasiat Pohon Sosis ( Kigelia Africana (Lam.) Benth.)




ninonurmadi.com Manfaat & Khasiat Pohon Sosis ( Kigelia Africana (Lam.) Benth.)



Deskripsi Pohon Sosis

Pohon sosis adalah tanaman pohon yang dapat tumbuh besar dimana tanaman sering kita dijumpai di tepi jalan, halaman depan rumah, dan juga biasanya tumbuh liar dihutan-hutan. Nama latin pohon sosis adalah   Kigelia Africana (Lam.) Benth. Sedangkan dalam bahasa Inggris pohon sosis memiliki nama sausage tree. Menurut sejarah asal usul pohon sosis ini berasal dari daerah Afrika Tropis.  Persebaran pohon sosis dari daerah Eritrea dan Chad selatan sampai utara Afrika Selatan, dan barat ke Senegal dan Namibia. Pohon sosis diperkenalkan sebagai hias ke Cape Verde dan Madagaskar, juga ke Irak, Pakistan, India, China, Asia Tenggara, Australia, Hawaii dan Amerika Tengah dan Selatan.  Ciri-ciri pohon sosis ini memiliki buah lonjong berwarna coklat seperti sosis. Fungsi dan kegunaan pohon sosis bagi sebagian masyarakat digunakan untuk tanaman hias. Namun yang tak kita ketahui pohon sosis ini ternyata dapat dijadikan sebagai obat herbal dalam pengobatan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh

Nama Daerah Pohon Sosis

Indonesia : Pohon Sosis, Kigelia

Klasifikasi Pohon Sosis

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Bignoniaceae
Genus: Kigelia
Spesies: Kigelia africana (Lam.) Benth.

Anatomi dan Morfologi Pohon Sosis

Pohon sosis merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman berbunga (Bignoniaceae). Tanaman pohon sosis ini termasuk tanaman yang besar tingginya dapat mencapai 20 m. Batang pohon sosis bercabang banyak dengan kulit kayu yang bertekstur lunak dengan ketebalan sekitar 6 mm, berwarna coklat abu-abu mengupas pada pohon yang tua.  Kayu pohon sosis berwarna coklat pucat atau kekuningan, tidak berdiferensiasi dan tidak rawan retak. Pohon sosis hijau sepanjang tahun, tetapi gugur terdapat musim kemarau panjang. Daun pohon sosis berlawanan, berbentuk oval, dengan panjang daun mencapai 20-50 cm dengan jumlah lipatan antara 3-8 lipatan, pertulangan daun menyirip, jumlah lipatan ini akan lebih besar apabila tumbuh di area terbuka.  Bunga pohon sosis berwarna merah gelap menggantung ke bawah dari cabang pada batang panjang fleksibel (2-6 meter panjang).  dengan lebar sekitar 10 cm . Bunga pohon sosis individu tidak menggantung ke bawah tetapi berorientasi horizontal. Beberapa burung tertarik pada bunga pohon sosis ini dan tangkai bunga kuat. Aroma bunga pohon sosis akan berbau pada malam menunjukkan bahwa penyerbukan pohon sosis ini biasanya dilakukan oleh kelelawar yang datang  untuk serbuk sari dan nektar. Bunga pohon sosis ini juga didatangi banyak serangga polinator, spesies yang sangat besar seperti lebah carpenter. Pohon sosis berbunga setahun sekali antara bulan Agustus hingga November. Buah pohon sosis buah buni berwarna coklat dengan ukuran panjang 30-100 cm dan lebar sampai 18 cm; Biasanya berat buah pohon sosis antara 5 sampai 10 kg, dan mengantung pada tangakai buah panjang seperti tali. Bubuk buah pohon sosis berserat dan pulpy, dan mengandung banyak biji. Biji pohon sosis obovoid, berukuran 10 mm x 7 mm, testa kasar, tertanam dalam pulp berserat. Budidaya pohon sosis ini berkembangbiak menggunakan biji dan stek. Habitat pohon sosis ini hidup di sepanjang aliran air, di pinggiran sungai, hutan aluvial dan terbuka, cagar alam curah hujan tinggi, semak belukar, dan hutan hujan. Biasanya pohon sosis tumbuh pada tanah liat tanah liat merah, terkadang berbatu, lembab atau peaty, dari dataran rendah sampai ketinggian 3000 m dari permukaan air laut.

Bagian Pohon Sosis Yang Digunakan

Kulit batang, Akar, Buah

Kandungan Pohon Sosis

Tanaman pohon sosis pada bagian batang kulit dari tanaman mengandung iridoid, asam tanat. Ekstrak buah pohon sosis mengandung alkaloid, glikosida, terpenoid, flavonoid, tanin, saponin, dan gula pereduksi. Studi penelitian pohon sosis mengandung naphthaquinones, iridoids, asam lemak, norviburtinal, sterol, lignans, terpenoid, flavonoid, dan unsur volatil.

Manfaat dan Khasiat Pohon Sosis Bagi Kesehatan

  • Kulit dan akar pohon sosis bermanfaat untuk mengobati bisul.
  • Ekstrak buah pohon sosis berguna sebagai salep kulit dan produk kecantikan.
  • Buah pohon sosis ini mempunyai sifat antibakteri, anti jamur.
  • Pohon sosis untuk mengobati sakit kanker.
  • Pohon sosis berguna sebagai obat antioksidan dan kesuburan pada laki-laki.
  • Pohon sosis digunakan sebagai obat analgesik dan Anti inflamasi.
  • Pohon sosis berkhasiat untuk mengobati penyakit malaria, antiprotozoal, diare


Catatan

Buah segar pohon sosis ini beracun dapat menyebabkan lecet di mulut dan pada kulit diperlukan penanganan khusus dalam mengokonsumsinya.