Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114 -00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi

www.ninonurmadi.com

Manfaat & Khasiat Tanaman Pulutan (Urena Lobata L.) Langsung ke konten utama

Manfaat & Khasiat Tanaman Pulutan (Urena Lobata L.)




ninonurmadi.com Manfaat & Khasiat Tanaman Pulutan (Urena Lobata L.)


Deskripsi Tanaman Pulutan

Tanaman pulutan adalah tanaman semak tahunan yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman pulutan ini biasanya dapat dijumpai di tepi jalan, ladang, pekarangan rumah, tepi hutan dan tempat lainnya. Nama latin tanaman pulutan adalah Urena Lobata L. Sedangkan dalam bahasa Inggris nama lain dari tanaman pulutan ialah  Caesarweed dan Congo Jute. Menurut sejarah asal usul tanaman pulutan berasal dari Asia atau Afrika. Persebaran tanaman pulutan ini didistribusikan dalam keadaan liar atau dinaturalisasi pada seluruh daerah tropis dan subtropis, termasuk Asia Tenggara, Afrika, Madagaskar, Brazil dan India. Tanaman pulutan ini dianggap berbahaya bagi kelangsungsungan tanaman lain karena sifatnya yang gulma dapat menginvasif agresif dan tumbuh cepat pada berbagai jenis tanah. Ciri-ciri fisik tanaman pulutan ini memiliki daun yang berbentuk hati dengan tepian daun yang tidak rata. Tanaman pulutan ini memiliki rasa yang manis. Fungsi dan kegunaan tanaman pulutan mungkin bagi sebagian masyarakat di Indonesia dianggap sebagai tanaman liar dan digunakan sebagai pakan ternak. Namun yang tidak kita tahu ternyata tanaman pulutan ini dapat digunakan sebagai obat herbal tanaman pulutan dalam mengobati dan menyembuhkan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Pulutan

Sunda : Pungpurutan
Indonesia: Pungpulutan
Sumatra : Pulut
Jawa : Pulutan

Klasifikasi Tanaman Pulutan

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Dilleniidae
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Urena
Spesies: Urena lobata L.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Pulutan

Tanaman pulutan merupakan salah satu jenis tanaman dari keluarga tanaman kapas-kapasan (Malvaceae). Tanaman pulutan ini termasuk tanaman semak tahunan berdiri tegak dengan ukuran tanaman sekitar  0,5-2,5 m. Batang tanaman pulutan berbentuk bulat dengan banyak percabangan yang menyebar sampai 4 - 5 m berwarna coklat keunguan, sedikit berbulu. Akar tanaman pulutan ini berakar tunggang sekitar 20-40 dan juga akar lateral panjang hingga 2 m. Daun tanaman pulutan alternae (tersebar secara spiral), daun tanaman pultan ini sangat bervariasi dalam ukuran dan bentuk, daun penumpu (stipula  lanset) bulat telur  dengan ukuran  panjang sekitar 2-4 mm, lancip pada bagian ujung daun, berwarna hijau, pertulangan daun banyak. Tangkai daun tanaman pulutan mempunyai ukuran panjang sekitar 0,2-12 cm, dengan permukaan yang berbulu. Bunga tanaman pulutan ini muncul pada ketiak daun, berkelompok 2-3 bunga, berbentuk seperti lonceng berwarna merah muda. Kelopka bunga tanaman pulutan bulat telur dengan ukuran, 1,5 cm. Kepala sari bunga tanaman pulutan terletak di bagian atas, berwarna ungu, dengan serbuk sari yang berwarna putih. Buah tanaman pulutan terdiri dari 5 bersegi tiga, tidak membelah, bakal biji 1, dengan ukuran panjangnya sekitar 4-5 mm, ditutupi dengan bulu berduri dan penutup tebal rambut seperti bintang. Biji reniform, panjang 2,5-3,5 mm, keras  berbulu ke gundul, berwarna coklat. Bibit dengan perkecambahan epigeal. Budidaya tanaman pulutan ini berkembang biak dengan cara biji. Habitat tanaman pulutan membutuhkan iklim yang panas dan lembab dengan sinar matahari yang cukup dan curah hujan yang banyak, tanah subur baik dikeringkan. Tanaman pulutan menyukai suhu rata-rata 21-27 ° C, kelembaban relatif 73-85%, dan curah hujan bulanan 160-210 mm selama musim tanam, dengan syarat hidup dari dataran rendah sampai 2000 m dari permukaan air laut.

Bagian Tanaman Pulutan Yang Digunakan

Akar, kulit, bunga dan daun.

Kandungan Tanaman Pulutan

Tanaman pulutan mengandung senyawa  alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin

Manfaat dan Khasiat Tanaman Pulutan Bagi Kesehatan

  • Tanaman pulutan berkhasiat untuk mengobati keluhan usus, radang usus, kandung kemih, sakit perut, diare dan disentri.
  • Tanaman pulutan bermanfaat untuk obat sakit kolik
  • Tanaman pulutan digunakan untuk menyembuhkan penyakit kelamin gonore.
  • Tanaman pulutan untuk obat sakit demam.
  • Tanaman pulutan sebagai obat untuk sakit malaria.
  • Tanaman pulutan berguna untuk obat luar patah tulang, luka, mastitis, penyakit kulit dan gigitan ular.
  • Akar tanaman pulutan untuk obat rematik, sakit pinggang, pilek, disentri, enteritis, gondok, gangguan pencernaan, keputihan, malaria, rematik dan radang amandel.
  • Ranting tanaman pulutan dikunyah untuk mengobati sakit gigi
  • Daun tanaman pulutan untuk menyembuhkan sakit  diuretik, pelindung kulit, pendingin, obat penahan darah.
  • Bunga  tanaman pulutan dijadikan sebagai obat batuk, obat kumur sakit tenggorokan dan ekspetoran.
  • Biji tanaman pulutan digunakan untuk obat cacing.


Catatan

Konsumsilah obat herbal tanaman pulutan ini dengan bijak dan sesuai takaran