Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114 -00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi

www.ninonurmadi.com

Manfaat & Khasiat Tanaman Congkok (Curculigo Orchioides Gaertn) Langsung ke konten utama

Manfaat & Khasiat Tanaman Congkok (Curculigo Orchioides Gaertn)




ninonurmadi.com Manfaat & Khasiat Tanaman Congkok (Curculigo Orchioides Gaertn)


Deskripsi Tanaman Congkok

Tanaman congkok adalah tanaman berbunga yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman congkok ini biasanya ditanam di halaman depan rumah, didalam pot, pekarangan rumah, dan juga tumbuh secara liar di hutan-hutan. Nama latin tanaman congkok adalah Curculigo Orchioides Gaertn.
Sedangkan dalam bahasa Inggris tanaman congkak ini mempunyai nama Palm Grass. Menurut sejarah asal usul tanaman congkok ini berasal dari daerah Asia timur dan selatan. Persebaran tanaman congkok ini dari daerah Asia Selatan (India, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal), Asia Tenggara ke Taiwan, Australia dan Kepulauan Pasifik (Kepulauan Solomon, Hawaii). Di Malesia terdapat di Semenanjung Malaysia, Singapura, Indonesia (Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku), Filipina (Luzon, Negros, Biliran, Mindanao), New Guinea dan Pulau Manus. C. latifolia terjadi di India, Burma (Myanmar), Thailand, Malaysia (Perak, Pahang, Sarawak, Sabah), Indonesia (Sumatra, Bangka, Lingga, Jawa, Kalimantan) dan Filipina (Palawan, Balabac, Samar). Ciri-ciri tanaman congkok ini memiliki daun yang mirip seperti pohon palm tetapi berukuran kecil dan memiliki bunga yang berwarna kuning. Fungsi dan kegunaan tanaman congkok ini bagi sebagian masyarakat digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki daun dan bunga yang indah, pembukus makanan, serat daun tanaman congkok juga dapat digunakan untuk membuat pakaian. Namun yang tidak kita tahu ternyata tanaman congkok ini dapat digunakan sebagai obat herbal tanaman congkok dalam menyembuhkan banyak penyakit yang ada didalam tubuh kita.

Nama Daerah Tanaman Congkok

Jawa : bedur
Sunda : congkok, Marasi
Bangka : Keliangau
Madura : nyeyor-nyeyoran
Kalumantan : Doyo
Malaysia: lumbah merah, lumbah, lembah, lumbah rimba

Klasifikasi Tanaman Congkok

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Subkelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Liliaceae
Genus: Curculigo
Spesies: Curculigo orchioides Gaertn.

Anatomi dan Morfologi Tanaman Congkok

Tanaman congkok merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam keluarga tanaman berbunga (Liliaceae). Tanaman congkok adalah tanaman menahun tanpa batang yang tingginya dapat mencapai 1 m. Tanaman congkok mempunyai rimpang yang tebal. Pelepah daun tanaman congkok berbentuk pisau elips, menggaris, berukuran 60-100 cm x 5-15 cm, berwarna hijau.  Bunga tanaman congkok bertandan berbentuk seperti bintang berukuran kecil berwarna kuning. Buah tanaman ini buah buni berdanging berbiji sedikit. Biji tanaman congkok berwarna hitam berbetuk agak bulat. Budidaya tanaman congkok ini berkembangbiaknya dengan cara biji dan rimpang. Habitat tanaman congkok ini berada pada daerah tropis dan subtropis,  menyukai tanah yang kaya humus, subur, berdrainase baik, dan posisi di bawah naungan, dan di hutan dan lereng berumput yang terbuka yang mempunyai  syarat tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggian 1.600 meter dari pemukaan air laut.

Bagian Tanaman Congkok Yang Digunakan

Buah, rimpang, daun, dan bunga.

Kandungan Tanaman Congkok

Tanaman cangkok mengandung zat saponin, glikosida, curculin.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Congkok Bagi Kesehatan

  • Tanaman congkok bermanfaat untuk mengobati penyakit  adaptogenik (mengurangi stress), analeptik, androgenik, anticonvulsive (pereda nyeri), antiinflamasi (anti radang) , aphrodisiac (meningkatkan gairah), diuretik, emmenagogue, obat penenang, dan tonik.
  • Tanaman congkok berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Tanaman congkok untuk meningkatkan nafsu makan, pelancar kencing, dan mengobati demam.


Catatan

Konsumsilah herba tanaman congkok ini dengan bijak dan sesuai takaran.