Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114 -00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi

www.ninonurmadi.com

Manfaat & Khasiat Tanaman Maja (Aegle Marmelos L. Corr. Serr.) Langsung ke konten utama

Manfaat & Khasiat Tanaman Maja (Aegle Marmelos L. Corr. Serr.)




ninonurmadi.com Manfaat & Khasiat Tanaman Maja (Aegle Marmelos L. Corr. Serr.)

Deskripsi Tanaman  Maja

Tanaman maja adalah tanaman pohon yang sering kita jumpai berada disekitar kita. Tanaman maja biasanya dapat ditemui pada depan rumah, pekarangan, tepi hutan dan tempat lainnya. Mungkin dari kita sering salah kaprah dalam penamaan tanaman maja ini karena mempunyai sebutan nama yang sama dengan tanaman berenuk. Nama latin tanaman maja adalah Aegle Marmelos L. Corr. Serr. Sedangkan dalam bahasa inggris tanaman  maja memiliki  nama bael fruit, bilva, bilwa, bel, stone apple, wood apple. Menurut sejarah asal asul tanaman maja ini berasal dari  daerah Asia tropika dan subtropika. Persebaran tanaman maja dari daerah Asia, di bagian utara, tengah, timur dan selatan India, serta di Sri Lanka, Pakistan, Nepal selatan, Sri Lanka, Burma, Bangladesh, Vietnam, Laos, Kamboja dan Thailand, Semenanjung Melayu utara ( Malaysia), Jawa (Indonesia), Timor Leste, Filipina, dan Fiji. Ciri-ciri tanaman maja ini memiliki buah yang berwarna hijau berbentuk bulat lonjong dimana didalam buahnya berwarna kuning atau jingga. Aroma buah maja ini harum, wangi dan mempunyai rasa yang manis. Fungsi dan kegunaan tanaman maja bagi sebagian orang buahnya digunakan untuk membuat sirop, serbat dan selai. Namun yang tidak kita tahu ternyata tanaman maja ini dapat juga digunakan sebagai obat herbal tanaman maja dalam pengobatan berbagai macam penyakit yang ada ditubuh.

Nama Daerah Tanaman Maja

maja, maja batu, maja legi

Klasifikasi Tanaman Maja

Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Rutaceae
Genus: Aegle
Spesies: Aegle marmelos (L.) Corr. Serr.


Anatomi dan Morfologi Tanaman Maja

Tanaman maja merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dari keluarga tanaman berbunga (Rutaceae). Tanaman maja ini tanaman yang tumbuhnya lambat, dengan ukuran pohon yang menengah berukuran pohon sekitar  12-15 m dengan batang pendek, tebal, kulit batang mengelupas, dan menyebarkan, kadang-kadang berduri pada cabangnya, batang yang lebih rendah yang terkulai. Tanaman muda maja memiliki banyak duri kaku, lurus. bergetah lekat seperti permen karet yang keluar dari cabang-cabang yang terluka dan menggantung ke bawah dengan untaian panjang. Daun tanaman maja alternatif, daun berkelompok yang terdiri dari dalam 2 atau 3 ini, terdiri dari 3 sampai 5 berbentuk oval, menunjuk, daun datar bergigi, dengan ukuran panjang 4-10 cm, lebar 2-5 cm, satu terminal dengan tangkai daun yang panjang. Daun muda tanaman maja mengkilap dan merah muda-merah marun. daun dewasa memancarkan bau yang tidak enak. Bunga tanaman maja harum, berkelompok 4 sampai 7 sepanjang percabangan muda, memiliki 4 bengkok, kelopak berdaging, hijau di luar, kekuningan di dalam, dan 50 atau lebih kuning kehijauan benang sari. Buah tanaman maja berbentuk bulat, oval, atau lonjong, dengan ukuran sekitar 5-20 cm, tipis, keras, kulit berkayu atau kulit kurang lebih lembut, berwarna abu-abu-hijau sampai buah sudah masak akan berwarna kekuningan . Buah tanaman maja dihiasi dengan, kelenjar minyak menit aromatik. Di dalam di dalam buah pada bahian intinya keras dan 8 sampai 20 segmen segitiga, dengan dinding tipis, berwarna oranye kehitaman, berbau harum, pucat, mempunyai rasa manis. Biji tanaman maja terdapat dalam buah yang terdiri 10 sampai 15 biji, berbentuk lonjong, berbulu, panjang sekitar 1 cm. Budidaya tanaman maja ini berkembang biak dengan cara cankok dan biji. Habitat tanaman maja di hutan kering di bukit-bukit, di rawa, basah atau berbatu tanah, tumbuh pada dataran rendah hingga ketinggian 1.200 m dari permukaan air laut, curah hujan tahunan 570 sampai 2000 mm.

Bagian Tanaman Maja Yang Digunakan

Buah, akar, kulit kayu, biji, daun, bunga
Kandungan Tanaman Maja

Daging buah maja mengandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin, minyak esensial, alkohol, ester, terpene, marmesin, scopoletin, tanin.  alkaloid, O-methylhalfordinol dan isopentylethalfordinol dan minyak yang mengandung phellandrene esensial dan alloimperation dan ß-sitoterol. Buah mengandung psoralen, asam tamic, agelinol, furanocoumarin, marmelide. Buah tanaman maja matang mengandung xanthotoxol, scoparone, scopoletin, umbelliferone, marmesin, skimmin dan ß-sitosterol glukosida. Marmin, γ-sitosterol dan aegeline, diidentifikasi sebagai N-ß-hidroksi-p-metoksi phenylecinnamide telah diisolasi dari daun. Daun tanaman maja mengandung senyawa alkaloid, marmelosins dan agelenine, marmesin, rutin, senyawa polifenol, sitosterols dan minyak esensial yang mengandung dari α & ß-phellandrene. Akar tanaman maja mengandung xanthotoxin, 6,7-di-Ome-kumarin, skopoletin, tembamide, umbelliferone, marmesin, Marmin, skimmianine, glikosida skimming. Sebuah alkaloid fenolik dicirikan sebagai 1-fenil-7-hidroksi tetrahydroquinazolin-4-satu telah diperoleh dari akar. Kulit tanaman maja mengandung ß-sitoterol, umbelliferone, lupeol, coumarin dan alkaloid, aegeline (= fagarine), skimmianine, marmesin, aurapten, Marmin, dan umbelliferone. Akar tanaman maja juga mengandung scoparone, scopoletin, marmesin

Manfaat dan Khasiat Tanaman Maja Untuk Kesehatan

  • Buah tanaman maja bermanfaat untuk  astringent, pencernaan, tonik, obat sakit perut, pencahar, diare, disentri dan hilangnya nafsu makan.
  • Daun segar tanaman maja berkhasiat sebagai astringent, pencernaan, pencahar dan obat penurun panas.
  • Daun tanaman maja untuk mengobati Oftalmia dan radang; jus segar sangat berguna dalam radang selaput lendir hidung dan  demam, penyakit kuning.
  • Kulit akar tanaman maja berguna dalam pengobatan hypochondriasis, melankoli dan palpitasi jantung.
  • Ekstrak biji tanaman maja ini bersifat  antijamur dan antibakteri


Catatan

Konsumsilah obat herbal tanaman maja ini dengan bijak dan sesuai takaran.