Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114 -00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Allah Berfirman Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui."

English Language: Surah Al-Baqarah 261 , Allah Said ; " The example of those who spend their wealth in the way of Allah is like a seed [of grain] which grows seven spikes; in each spike is a hundred grains. And Allah multiplies [His reward] for whom He wills. And Allah is all-Encompassing and Knowing. "

www.ninonurmadi.com

Perintah Beramar Ma'ruf Nahi Munkar Langsung ke konten utama

Perintah Beramar Ma'ruf Nahi Munkar

Sedekah Pembangunan Masjid Nomor Rekening 114-00-1646088-6 Bank Mandiri Atas Nama Nino Nurmadi info www.ninonurmadi.com WA 081366574266

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Allah berfirman Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui."

English Language: Surah Al-Baqarah 261 , Allah Said ; " The example of those who spend their wealth in the way of Allah is like a seed [of grain] which grows seven spikes; in each spike is a hundred grains. And Allah multiplies [His reward] for whom He wills. And Allah is all-Encompassing and Knowing. "

Penerbit
Germa Insani
1100
Hadits Terpilih
Sinar Ajaran Muhammad
Dr. Muhammad Faiz Almath
Di Publikasi Ulang :
Oleh Nino Nurmadi , S.Kom
www.ninonurmadi.com

Sabda Dan Perilaku Rasulullah Saw. Adalah Pedoman kita Di Samping Al-Quran.Beratus Ribu Sabdanya Terkumpul Dalam Banyak Kitab Hadits, Baik Shahih Maupun Lemah. Namun , Kini Anda Tidak Perlu Sibuk Mencari Kitab-Kitab Tersebut. Kali ini Sengaja Kami Suguhkan Kepada Anda 1100 Hadits Terpilih Yang Sudah Benar-Benar Tersaring. Semua Riwayat Yang Tercangkup Di Dalamnya Mewakili Semua Ajaran Rasulullah Dalam Segala Aspek Kehidupan. Kandungan Buku ini Di Maksudkan Penulisnya Sebagai Sinar Yang Menerangi Umat Dan Sebagai Bukti Akan Ajaran Muhammad Saw.



1. " Hendaklah kamu beramar ma'ruf ( menyuruh berbuat baik ) dan bermahi munkar ( melarang berbuat jahat ). Kalau tidak, maka Allah akan menguasakan atasmu orang-orang yang paling jahat di antara kamu, kemudian orang-orang yang baik-baik di antara kamu berdoa dan tidak dikabulkan ( doa mereka ). " ( HR AL-BAZZAR )

2. " Wahai segenap manusia , menyerulah kepada yang ma'ruf dan cegahlah dari yang mungkar sebelum kamu berdoa kepada Allah dan tidak dikabulkan serta sebelum kamu memohon ampunan dan tidak diampuni. amar ma'ruf dan nahi mungkar tidak mendekatkan ajal. Sesungguhnya para rabi yahudi dan rahib Nasrani ketika mereka meninggalkan amar ma'ruf dan nahi mungkar , dilaknat oleh Allah melalui ucapan nabi-nabi mereka. Mereka juga ditimpa bencana dan malapetaka." ( HR ATH-THABRANI )

3. " Masih tetao ada dari segolongan unatku yang menegakkan perintah Allah. Tidak menghambat dan tidak mengecewakan mereka orang-orang yang menentangnya sampai tiba keputusan Allah. Mereka masih tetap konsisten ( mantap / teguh ) baik dalam sikap maupun pendiriannya." ( HR BUKHARI dan MUSLIM )

4. " Jihad paling afdhal ialah menyampaikan perkataan yang adil di hadapan penguasa yang zalim dan kejam." ( HR ATH-THUSI dan ASHHABUSSUNAN )

5. " Barangsiapa melihat suatu kemungkaran hendaklah ia mengubah dengan tangannya. Apabila tidak mampu, hendaklah dengan lidahnya ( ucapan ) , dan apabila tidak mampu juga hendaklah dengan hatinya dan itulah keimanan yang paling lemah." ( HR BUKHARI dan MUSLIM )

Penjelasan : Dengan hati artinya tindakan aktif dan bukan pasif, senantiasa membencinya dan berusaha mengubahnya seandainya ia sudah mampu atau berani.

6. " Apabila Allah memberi hidayah kepada seseorang melalui upayamu, itu lebih baik bagimu daripada apa yang dijangkau matahari sejak terbit sampai terbenam." ( HR BUKHARI dan MUSLIM )

7. " Bukanlah dari golongan kami orang yang tidak mengasihi dan menyayangi yang lebih muda, tidak menghormati orang yang lebih tua , dan tidak beramar ma'ruf dan nahi mungkar ." ( HR TIRMIDZI )

8. " Permudahlah ( segala urusan ) , jangan dipersulit dan ajaklah dengan baik, jangan menyebabkan orang menjauh. " ( HR BUKHARI )

Penjelasan : ini termasuk kebijaksanaan dalam berdakwah dan beramar ma'ruf nahi mungkar.

9. " Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seorang, maka dirinya sendirilah yang dijadikannya untuk mengingatkannya, menyuruhnya dan melarangnya." ( HR AD-DAILAMI )

10. " Pada hari kiamat seorang dihadapkan dan dilempar ke neraka. Orang-orang bertanya, " Hai Fulan, mengapa kamu masuk neraka sedang kamu dahulu adalah orang yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah perbuatan mungkar?" Orang tersebut menjawab, " Ya benar, dahulu aku menyuruh berbuat ma'ruf , sedang aku sendiri tidak melakukannya. aku mencegah orang lain berbuat mungkar sedang aku sendiri melakukannya." ( HR AD-DAILAMI )

11. " Nabi meniadakan pemberian pelajaran untuk beberapa hari karena khawatir kejenuhan kami." ( HR AHMAD )

12. " Sesungguhnya Allah 'Azza wajalla tidak menyiksa ( orang ) awam karena perbuatan ( dosa ) orang-orang khusus sehingga mereka melihat mungkar di hadapan mereka dan mereka mampu mencegahnya, tetapi mereka tidak mencegahnya ( menentangnya ) . Kalau mereka berbuat demikian maka Allah menyiksa yang khusus dan yang awam ( seluruhnya )." ( HR AHMAD dan ATH-THABRANI )

13. " Tidak seharusnya orang menyuruh yang ma'ruf dan mencegah yang mungkar kecuali memiliki tiga sifat, yakni lemah-lembut dalam menyuruh dan dalam melarang ( mencegah ) , mengerti apa yang harus dilarang dan adil terhadap apa yang harus dilarang." ( HR AD-DAILAMI )

14. " Orang yang paling tinggi kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat ialah yang paling banyak berkeliling di muka bumi dengan bernasihat kepada manusia ( makhluk Allah ) . " ( HR ATH-THABRANI )

15. Pada suatu hari, Rasulullah saw . bersabda kepada para sahabatnya " Kamu kini jelas atas petunjuk dari Rabbmu, menyuruh kepada yang ma'ruf , mencegah dari yang mungkar dan berjihad di jalan Allah. Kemudian muncul di kalangan kamu dua hal yang memabukkan, yaitu kemewahan hidup ( lupa diri ) dan kebodohan. Kamu beralih kesitu dan berjangkit di kalangan kamu cibta dunia. Kalau terjadi yang demikian kamu tidak akan lagi beramar ma'ruf , nahi mungkar dan berjihad di jalan Allah. di kala itu yang menegakkan Al-Qur'an dan sunnah , baik dengan sembunyi maupun terang-terangan tergolong orang-orang terdahulu dan yang pertama-tama masuk islam." ( HR TIRMIDZI )